Laman

Minggu, 26 Mei 2013

PEDOMAN PESERTA ASKES

Peserta adalah :

  • Pegawai Negeri Sipil  (PNS) dan calon PNS (tidak termasuk PNS/CPNS di lingkungan Kementerian Pertahanan/TNI/POLRI), Pejabat Negara, Penerima Pensiun (Pensiunan PNS, pensiunan PNS di lingkungan Kementerian Pertahanan, Pensiunan TNI/POLRI, Pensiunan Pejabat Negara), Veteran dan Perintis Kemerdekaan beserta anggota keluarga yang ditanggung.
  • Pegawai Tidak Tetap pengangkatan pusat (Tenaga Medis dan Bidan) tidak termasuk anggota keluarga.
Anggota Keluarga yang ditanggung :
  • Istri / suami yang sah dari peserta yang mendapat tunjangan istri/suami (Daftar istri / suami yang sah yang tercantum dalam daftar gaji / slip gaji, dan termasuk dalam daftar penerima pensiun/carik Dapem).
  • Anak (anak kandung / anak tiri / anak angkat) yang sah dari peserta yang mendapat tunjangan anak, yang tercantum dalam daftar gaji/slip gaji, termasuk dalam daftar penerima pensiun/carik Dapem, belum berumur 21 tahun atau telah berumur 21 tahun sampai 25 tahun namun masih mengikuti pendidikan formal, belum menikah, belum berpenghasilan dan masih menjadi tanggungan peserta.
  • Jumlah anak yang ditanggung maksimal 2 (dua) anak sesuai dengan urutan tanggal lahir, termasuk didalamnya anak angkat maksimal satu orang.
HAK PESERTA
  1. Memperoleh Kartu Peserta.
  2. Memperoleh penjelasan/informasi tentang hak, kewajiban serta tata cara pelayanan kesehatan.
  3. Mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan PT Askes (Persero), sesuai dengan hak dan ketentuan yang berlaku.
  4. Menyampaikan keluhan/pengaduan, kritik dan saran secara lisan atau tertulis ke Kantor  PT Askes (Persero).
KEWAJIBAN PESERTA
  1. Mengurus Kartu Peserta dan melaporkan perubahan data peserta.
  2. Menjaga Kartu Peserta agar tidak rusak, hilang atau dimanfaatkan oleh orang yang tidak berhak.
  3. Mentaati semua ketentuan dan tata cara pelayanan kesehatan.
  4. Membayar iuran sesuai ketentuan pemerintah yang berlaku
TENTANG KARTU PESERTA
  1. Sebagai identitas Peserta.
  2. Sebagai syarat untuk memperoleh pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan PT. Askes (Persero).
  3. Setiap Peserta memiliki 1 (satu) Kartu Peserta dengan nomor yang unik dan tetap.
  4. Berlaku secara Nasional.
  5. Kartu Peserta berlaku selama Peserta masih mempunyai hak.
CARA MEMPEROLEH KARTU PESERTA
Mengisi Data Induk Daftar Isian Registrasi Peserta dan melampirkan pasfoto terbaru masing-masing 1 (satu) lembar ukuran 3 x 4 cm, kecuali bagi anak usia balita serta menunjukkan persyaratan :
  1. Asli / fotokopi Surat Keputusan sebagai Pegawai Negeri Sipil / Pensiunan / Petikan Gelar Kehormatan Veteran /  Perintis Kemerdekaan / Pegawai Tidak Tetap.
  2. Fotokopi Daftar Gaji terakhir yang dilegalisir bagi  PNS dan  Surat Tanda Bukti Penerima Pensiun (STBPP) bagi Penerima Pensiun.
  3. Fotokopi Surat Nikah, Akte Kelahiran Anak/Keterangan Lahir, Surat Keputusan Pengadilan Negeri untuk Anak Angkat.
  4. Surat Keterangan dari Sekolah/ Perguruan Tinggi (bagi anak berusia lebih dari 21 tahun sampai dengan 25 tahun).
  5. Asli / fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  6. Surat Pernyataan/Keterangan Melaksanakan Tugas Perorangan (SPMT) bagi Pegawai tidak tetap pengangkatan Pusat  (Tenaga medis dan Bidan)
PENGGANTIAN KARTU PESERTA
Penggantian kartu Peserta dilakukan apabila terjadi hal-hal berikut ini:
  1. Kartu Peserta Hilang.
  2. Kartu Peserta Rusak.
CARA PENGGANTIAN KARTU PESERTA
  1. Kartu Peserta Hilang
    1. Menyerahkan surat  pernyataan hilang dari yang bersangkutan bernaterai cukup,
    2. Menunjukkan KTP dan Asli / fotokopi Surat Keputusan sebagai Pegawai Negeri Sipil / Pensiunan / Petikan Gelar Kehormatan Veteran /  Perintis Kemerdekaan / Pegawai Tidak Tetap.
  2. Kartu Peserta Rusak :
    1. Menyerahkan Kartu Peserta  yang  rusak
    2. Menunjukkan KTP dan Asli / fotokopi Surat Keputusan sebagai Pegawai Negeri Sipil / Pensiunan / Petikan Gelar Kehormatan Veteran /  Perintis Kemerdekaan / Pegawai Tidak Tetap. 
PERUBAHAN DATA PESERTA
Mengisi Daftar Isian Perubahan Data Peserta  dengan  persyaratan sebagai berikut:
1. Pindah Puskesmas / Dokter Keluarga :
  • Minimal setelah 3 bulan terdaftar di Puskesmas/Dokter Keluarga sebelumnya.
  • Menunjukkan Kartu Peserta yang Asli
2. Pindah Domisili 
  • Menunjukkan Fotokopi  KTP atau surat keterangan pindah domisili
3. Pindah Tempat Kerja
  • Menunjukkan Fotokopi SK Penempatan
4. Perubahan Golongan kepangkatan atau perubahan status dari Pegawai Aktif menjadi Penerima Pensiun.
a. Perubahan golongan kepangkatan
    • Fotokopi surat keputusan perubahan golongan kepangkatan
    • Fotokopi Daftar Gaji
b. Perubahan status dari Pegawai Aktif menjadi penerima pensiun
    • Fotokopi surat keputusan pensiun
5. Perubahan Susunan Keluarga
a. Pernikahan  :
    • Fotokopi Surat Nikah
    • Melampirkan 1 (satu) lembar pasfoto terbaru ukuran 3 x 4 cm bagi suami/istri
    • Melampirkan fotokopi daftar gaji yang dilegalisir.
b. Penambahan  Anak  :
    • Kelahiran Anak
      • Fotokopi Akte Kelahiran Anak/Surat Keterangan Kelahiran
      • Melampirkan fotokopi daftar gaji yang dilegalisir.
    • Anak Angkat
      • Surat Keterangan Pengangkatan Anak dari Pengadilan
      • Melampirkan fotokopi daftar gaji yang dilegalisir.
c. Pergantian Anak
Jumlah anak yang dijamin oleh PT Askes (Persero) 2 (dua) orang, sesuai dengan urutan tanggal lahir, yang mendapat tunjangan anak.
Apabila terdapat pengurangan jumlah anak oleh karena sudah dewasa/menikah/telah mempunyai penghasilan sendiri/meninggal dunia, dapat digantikan anak yang lain sesuai dengan urutan kelahiran. Persyaratan:
    • Fotokopi Akte Kelahiran Anak/Surat Keterangan Kelahiran anak yang menggantikan
    • Kartu Askes anak yang akan digantikan
    • Memperlihatkan Kartu Keluarga
    • Melampirkan 1 (satu) lembar pasfoto terbaru ukuran 3 x 4 cm bagi anak yang menggantikan
    • Melampirkan fotokopi daftar gaji yang dilegalisir.
d. Pengurangan Peserta
    • Meninggal
      • Melaporkan peserta yang meninggal dunia dengan menunjukkan fotokopi Surat Keterangan Kematian.
    • Perceraian
      • Melaporkan dengan menunjukkan Surat Penetapan Perceraian dari Pengadilan dan Surat Keterangan untuk Mendapatkan Pembayaran Tunjangan Keluarga (KP4)
JARINGAN PEMBERI PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA
Adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan yang bekerjasama dengan PT Askes (Persero) terdiri dari  :
  1. Pemberi Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama , yaitu :
    • Puskesmas baik puskesmas biasa maupun puskesmas dengan pelayanan Kedokteran Keluarga
    • Poliklinik Induk milik TNI – POLRI
    • Dokter Keluarga, baik praktek perorangan maupun bersama
    • Dokter Gigi Keluarga
    • Klinik 24 jam
2. Rawat Inap Tingkat Pertama (RITP)
Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK) :
    • Puskesmas dengan tempat tidur (Puskesmas Perawatan)
3. Pemberi Pelayanan Kesehatan Tingkat Lanjutan, yaitu:
    • Poli Spesialis RSU Pemerintah
    • Poli Spesialis RS TNI-POLRI
    • Poli Spesialis RS Swasta yang bekerjasama
    • Klinik Spesialis yang bekerjasama
    • Balai Pengobatan Khusus: BP-Paru, BP-Mata, BP-Indra
    • Poli RS Khusus
    • RS Jiwa, RS Mata, RS Paru, RS Jantung, RS Infeksi, RS kanker, RS Kusta dan PPK lain yang ditunjuk
    • Labkesda
    • Poli Unit Gawat Darurat (untuk kasus emergency)
PELAYANAN KESEHATAN YANG DIJAMIN ASKES
1. Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama  :
  • Konsultasi, penyuluhan, pemeriksaan medis dan pengobatan.
  • Pemeriksaan dan pengobatan gigi.
  • Tindakan medis kecil/sederhana.
  • Pemeriksaan penunjang diagnostik sederhana
  • Pengobatan efek samping kontrasepsi
  • Pemberian obat  dan bahan kesehatan habis pakai.
  • Pemeriksaan kehamilan dan persalinan sampai anak kedua hidup.
  • Pelayanan Rawat Inap di Puskesmas Perawatan.
 2. Pelayanan Kesehatan Tingkat Lanjutan  :
a. Rawat Jalan
    • Konsultasi, pemeriksaan dan pengobatan oleh dokter spesialis
    • Pemeriksaan Penunjang Diagnostik :
      • Laboratorium, Rontgen/ Radiodiagnostik, Elektromedik dan pemeriksaan alat kesehatan canggih sesuai ketentuan PT Askes (Persero).
    • Tindakan medis poliklinik dan rehabilitasi medis
    • Pelayanan obat sesuai Daftar dan Plafon Harga Obat (DPHO) dan ketentuan lain yang ditetapkan oleh PT Askes (Persero)
b. Rawat Inap
    • Rawat Inap di ruang perawatan sesuai hak Peserta.
    • Pemeriksaan dan pengobatan oleh dokter spesialis.
    • Pemeriksaan Penunjang Diagnostik :
      • Laboratorium, Rontgen/ Radiodiagnostik, Elektromedik dan pemeriksaan alat kesehatan canggih sesuai ketentuan PT Askes (Persero)
    • Tindakan medis.
    • Perawatan intensif (ICU, ICCU,HCU, NICU, PICU).
    • Pelayanan rehabilitasi medis.
    • Pelayanan obat sesuai Daftar dan Plafon Harga Obat (DPHO) dan ketentuan lain yang ditetapkan oleh PT Askes (Persero)
 3. Pemeriksaan kehamilan, gangguan kehamilan dan persalinan sampai anak kedua hidup.
 4. Pelayanan Darah dan Transfusi Darah
 5. Pelayanan Cuci Darah (Pelayanan Hemodialisa dan CAPD)
 6. Cangkok (transplantasi) Organ.
 7. Radioterapi
 8. Pelayanan Canggih sesuai ketentuan PT Askes (Persero)
 9. Alat Kesehatan diberikan untuk Peserta sesuai dengan ketentuan PT Askes (Persero) :
a. Kacamata  :
    • Kacamata dengan lensa positif (+) dan lensa negatif (-)
    • Diberikan maksimal 1 kali dalam 2 tahun, dengan ukuran lensa :
      • Lensa spheris minimal  0,5 D
      • Lensa cylindris minimal 0,25 D.
b. Gigi Tiruan  (1 kali /2 tahun)
c. Alat Bantu Dengar  (1 kali/5 tahun)
d. Kaki / tangan tiruan 
e. Alat kesehatan lain, antara lain:
    • IOL (lensa tanam di mata).
    • Pen & Screw  (alat penyambung tulang, diberikan  1 kali/2 tahun per regio)
    • Mesh (alat yang dipasang setelah operasi hernia)
    • Alat bantu Hidrosephalus /VP Shunt
    • Prothesa Mandibula
    • Vitrektomi set
    • Penyangga leher/Collar Neck
    • Jaket penyangga patah tulang belakang/corset
    • Anus buatan/colostomi/Pesarium/DJ Stent
    • Double Lumen Kateter untuk CAPD
    • Triple Lumen Kateter untuk CAPD
    • Vaskuler Graf
    • Tulang/ Sendi tiruan
    • Colon set
 10. Pelayanan One Day Care meliputi perawatan dan akomodasi minimal 6-24 jam , meliputi :
  • observasi, konsultasi,  pengobatan, penunjang diagnosa, tindakan medis, obat sesuai DPHO serta transfusi darah.
ALUR PELAYANAN KESEHATAN
(Sesuai Skema Alur Pelayanan)
Pilihan Puskesmas atau Dokter Keluarga dilakukan oleh Peserta, Peserta hanya terdaftar pada satu Pemberi Pelayanan Kesehatan(PPK) tingkat I.
**)   Khusus resep dari Dokter Keluarga atau resep rujuk balik
***) Askes Center adalah pusat pelayanan Askes di RS tempat peserta mendapatkan pelayanan administrasi, informasi  dan penanganan keluhan.
TATA CARA PELAYANAN KESEHATAN
I.    Pelayanan Kesehatan Tingkat I:
  1. Peserta berobat di PPK Tingkat I, Puskesmas / Dokter Keluarga/Klinik tempat peserta terdaftar dengan menunjukkan Kartu Peserta.
  2. Pelayanan rawat inap dapat dilakukan di Puskesmas Perawatan berdasarkan indikasi medis.
II.    Pelayanan Kesehatan Lanjutan
A.    Rumah Sakit 
    1. Peserta datang ke  Askes Center di Rumah Sakit dengan menunjukkan Kartu Peserta dan menyerahkan surat rujukan / surat perintah kontrol yang berlaku.
    2. Peserta menerima Surat Jaminan Pelayanan (SJP) untuk mendapatkan pelayanan lanjutan.
  
Melaporlah ke Askes Center setiap Anda berobat  di Rumah Sakit



B.   Rumah Sakit Khusus
    1. Peserta datang ke  Askes Center di Rumah Sakit dengan menunjukkan Kartu Peserta dan menyerahkan surat rujukan dari Rumah Sakit.
    2. Peserta menerima Surat Jaminan Pelayanan (SJP) untuk mendapatkan pelayanan lanjutan.
C.   Pelayanan Gawat Darurat (Emergency):
    1. Dalam keadaan Gawat Darurat tidak diperlukan surat rujukan, peserta dapat langsung ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit dengan menunjukkan Kartu Peserta.
    2. Apabila peserta mendapatkan pelayanan Gawat Darurat di Rumah Sakit yang tidak bekerjasama dengan PT Askes (Persero); maka peserta membayar terlebih dahulu biaya pelayanan dan kemudian  dapat diajukan ke PT Askes (Persero) dengan nilai ganti sesuai ketentuan PT Askes (Persero)
 
 
Pelayanan Gawat Darurat (Emergency) adalah pelayanan kesehatan yang harus diberikan secepatnya untuk mengurangi resiko kematian atau cacat
 






 III.    Rawat Inap
    1. Peserta mengurus Surat Jaminan Pelayanan Rawat Inap di Askes Center, dengan menunjukkan surat perintah rawat dalam waktu paling lambat 3 x 24 jam (hari kerja).
    2. Hak kelas rawat inap sesuai dengan golongan kepangkatan yaitu:
a. PNS/Pensiunan Sipil Gol.  I dan II  diruang rawat inap kelas II
b. PNS/Pensiunan Sipil Gol. III dan IV diruang rawat inap kelas I
c. Pensiunan TNI :
    • Prajurit dua s/d Pembantu Letnan Satu diruang rawat inap kelas II
    • Letnan Dua s/d Jenderal, di ruang kelas I
d. Pensiunan POLRI:
    • Barada s/d. Ajun Inspektur Polisi Satu diruang rawat inap kelas II     
    • Inspektur Polisi Dua s/d. Jenderal Polisi, diruang rawat inap kelas I
e. Pejabat Negara, Penerima Pensiun Pejabat Negara, Perintis Kemerdekaan  dan Veteran diruang rawat inap  kelas I
f. Tenaga Medis PTT diruang rawat inap kelas I
g. Bidan PTT diruang rawat inap kelas II
    1. Bila  atas permintaan sendiri dirawat di kelas perawatan yang lebih tinggi dari haknya, maka selisih biaya menjadi tanggungan Peserta.
    2. Bila Peserta dirujuk keluar wilayah propinsi, diperlukan surat rujukan dari Rumah Sakit yang merawat dan dilengkapi surat pengantar dari PT Askes (Persero).
 
 
Bila Peserta memilih ruang kelas perawatan lebih tinggi dari haknya, maka seluruh selisih biaya yang timbul akibat pelayanan di kelas perawatan tersebut menjadi tanggungan Peserta
 





 IV.    Persalinan
    1. Pemeriksaan Kehamilan dan Persalinan yang ditanggung oleh PT Askes (Persero) adalah sampai dengan anak kedua hidup.
    2. Pelayanan Persalinan dapat dilakukan di Pemberi Pelayanan Kesehatan Dasar atau Pemberi Pelayanan Kesehatan Lanjutan.
    3. Tata cara pelayanan Persalinan sama dengan tata cara pelayanan Rawat Inap, yang dilakukan di Puskesmas Perawatan atau Rumah Sakit.
    4. Apabila persalinan dilakukan di Pemberi Pelayanan Kesehatan yang tidak bekerjasama dengan PT Askes (Persero), maka biaya persalinan dapat diajukan ke PT Askes (Persero) sebagai klaim perorangan.
  V.    Pelayanan Transfusi Darah
    1. Pelayanan transfusi darah diberikan berdasarkan surat permintaan darah dari dokter yang merawat dan dilampiri SJP dan dilegalisir di Askes Center.
    2. Surat tersebut diserahkan ke Unit Pelayanan Transfusi Darah (UPTD)/Palang Merah Indonesia (PMI) dengan menunjukkan Kartu Peserta untuk mendapatkan Labu/Kantong Darah untuk diserahkan ke dokter yang merawat/petugas Rumah Sakit.
 
 

Mintalah obat DPHO kepada Dokter Anda 
Obat diluar ketentuan tidak ditanggung oleh
PT Askes (Persero)


 








 VI.    Pelayanan Obat 
    1. Pelayanan Obat pada PPK Tk. I diperoleh langsung di Puskesmas, sedangkan untuk  pelayanan di Dokter Keluarga, obat dapat diperoleh langsung di Dokter Keluarga atau pada apotek yang ditunjuk.
    2. Pelayanan Obat pada PPK Tingkat Lanjutan  dapat diperoleh di Instalasi Farmasi Rumah Sakit atau apotek yang ditunjuk.

 VII.    Pelayanan Cuci Darah, Cangkok (transplantasi) Organ dan Operasi Jantung.
    1. Diberikan kepada peserta.
    2. Dilakukan di Rumah Sakit yang bekerjasama dengan PT Askes (Persero), berdasarkan surat permintaan dokter spesialis :
      • Cuci darah oleh dokter subspesialis ginjal dan hipertensi (nefrolog)
      • Cangkok organ oleh dokter subspesialis terkait .
      • Operasi jantung oleh dokter bedah jantung.
    3. Menunjukkan kartu Peserta dan menyerahkan surat rujukan.
    4. Mengurus Surat Jaminan Pelayanan Khusus di Askes Center
 VIII.    Alat Kesehatan  :
    • Resep/Surat keterangan permintaan alat kesehatan diberikan oleh dokter spesialis di Rumah Sakit dan dilegalisir oleh PT Askes (Persero).
    • Peserta membayar terlebih dahulu dan dapat diajukan sebagai klaim perorangan
    • Pelayanan kacamata dapat diambil di optik yang ditunjuk atau diajukan  sebagai klaim perorangan.
PENGAJUAN KLAIM PERORANGAN
Syarat-syarat pengajuan klaim perorangan :
Mengisi Formulir Pengajuan Klaim (FPK) dengan melampirkan:
1. Klaim khusus (hanya untuk kasus emergency):
    • Membuat surat permohonan yang memuat kronologis terjadinya penyakit.
    • Kwitansi asli (bermeterai) dengan perincian biaya pemeriksaan, penunjang diagnostik, tindakan dan obat
    • Fotokopi Kartu Peserta
    • Surat keterangan emergency dari Rumah Sakit yang merawat
    • Berkas pendukung
    • Nilai Ganti Pelayanan Kesehatan disetarakan dengan tariff Rumah Sakit Pemerintah yang setara sesuai SKB/Permenkes dan obat disetarakan dengan obat yang tertera dalam DPHO yang berlaku
 2. Klaim persalinan :
    • Fotokopi Resume Medis
    • Kwitansi asli (bermeterai) dengan perincian biaya dan obat
      • Fotokopi Kartu Peserta
      • Formulir Pengajuan Klaim
      • Fotokopi surat keterangan lahir/akte lahir
      • Besaran nilai ganti klaim perorangan persalinan disesuaikan dengan tarif  PT Askes (Persero).
3. Klaim alat kesehatan :
1).    Kaca Mata
    • Fotokopi Kartu Peserta
    • Kwitansi asli bermaterai cukup
    • Resep asli dari dokter spesialis mata PPK Askes
    • Surat Jaminan Pelayanan (SJP)
2).    Gigi Tiruan:
    • Fotokopi Kartu Peserta
    • Kwitansi asli bermeterai cukup
    • Surat keterangan memerlukan gigi tiruan dari dokter gigi
    • Surat Jaminan Pelayanan (SJP)
3).    Alat Bantu Dengar :
    • Fotokopi Kartu Peserta
    • Kwitansi asli bermeterai cukup
    • Resep asli atau surat keterangan memerlukan alat bantu dengar dari dokter ahli THT PPK Askes
    • Surat Jaminan Pelayanan (SJP)
4).    Kaki,Tangan, Tulang dan Sendi Tiruan:
    • Fotokopi Kartu Peserta
    • Kwitansi asli bermeterai cukup
    • Resep asli atau surat keterangan memerlukan kaki, tangan, tulang dan sendi tiruan dari dokter spesialis orthopedi.
    • Surat Jaminan Pelayanan (SJP)
5).    IOL, Implant dan Mesh:
    • Fotokopi Kartu Peserta
    • Kwitansi asli bermeterai cukup
    • Surat keterangan memerlukan implant dari dokter spesialis di RS PPK Askes atau bukti pemasangan.
    • Surat Jaminan Pelayanan (SJP) dan bukti operasi
6).    Alat bantu Hydrosephalus/VP Shunt :
    • Fotokopi Kartu Peserta
    • Kwitansi asli bermaterai cukup
    • Resep asli atau surat keterangan memerlukan  Alat bantu Hydrosephalus/VP Shunt dari dokter spesialis bedah syaraf
    • Surat Jaminan Pelayanan (SJP)
7).    Prothesa Mandibula:
    • Fotokopi Kartu Peserta
    • Kwitansi asli bermaterai cukup
    • Resep asli atau surat keterangan memerlukan Prothesa Mandibula dari  dokter spesialis bedah tulang/mulut
    • Surat Jaminan Pelayanan (SJP)
8).    Vitrektomi set :
    • Fotokopi Kartu Peserta
    • Kwitansi asli bermaterai cukup
    • Resep asli atau surat keterangan memerlukan   Vitrektomi set dari  dokter spesialis mata
    • Surat Jaminan Pelayanan (SJP)
9).    Penyangga leher/Collar Neck, jaket penyangga patah tulang belakang/corset, anus buatan/colostomy/pesarium/DJ Stent dan Colon set :
    • Fotokopi Kartu Peserta
    • Kwitansi asli bermaterai cukup
    • Resep asli atau surat keterangan memerlukan Penyangga leher/Collar Neck, jaket penyangga patah tulang belakang/corset, anus buatan/colostomy/pesarium/DJ Stent dan Colon set  dari  dokter spesialis bedah
    • Surat Jaminan Pelayanan (SJP)
10). Double Lumen Kateter dan Triple Lumen Kateter untuk CAPD :
    • Fotokopi Kartu Peserta
    • Kwitansi asli bermaterai cukup
    • Resep asli atau surat keterangan memerlukan   Double Lumen Kateter dan Triple Lumen Kateter untuk CAPD dari  dokter spesialis Nephrolog
    • Surat Jaminan Pelayanan (SJP)
11). Vaskuler Graf
    • Fotokopi Kartu Peserta
    • Kwitansi asli bermaterai cukup
    •  Resep asli atau surat keterangan memerlukan  Vaskuler Graf dari  dokter spesialis bedah Vaskuler
    • Surat Jaminan Pelayanan (SJP)
    • Masa kadaluarsa klaim perorangan adalah layanan kesehatan kurang dari 2 tahun
 
 
Sadari dini, deteksi dini, cegah sejak dini,
pelihara kesehatan anda
agar usia tidak usai secara dini

 






URUN BIAYA (COST SHARING)
  1. Urun biaya adalah pembebanan sebagian biaya pelayanan kesehatan kepada peserta,
  2. Besaran urun biaya ditetapkan bersama antara PT Askes (Persero) dengan fasilitas kesehatan yang bekerjasama.
  3. Informasi mengenai besaran urun biaya yang dibayar oleh peserta dapat diperoleh di Askes Center Rumah Sakit.
 
 

Segera hubungi Askes Center bila Anda dikenakan
urun biaya diluar tarif kesepakatan
 








PELAYANAN YANG TIDAK MENJADI TANGGUNGAN PT ASKES (PERSERO)
  1. Pelayanan kesehatan yang tidak mengikuti tata cara pelayanan yang ditetapkan PT Askes (Persero)
  2. Pelayanan kesehatan yang dilakukan di fasilitas yang bukan jaringan pelayanan kesehatan PT Askes (Persero), kecuali dalam keadaan gawat darurat (emergency) dan persalinan.
  3. Pelayanan kesehatan yang dilakukan di luar negeri.
  4. Obat-obatan diluar ketentuan PT Askes (Persero).
  5. Bedah plastik kosmetik, termasuk obat-obatan.
  6. Imunisasi
  7. Seluruh rangkaian pemeriksaan dalam usaha ingin mempunyai anak, termasuk alat dan obat-obatnya.
  8. Sirkumsisi tanpa indikasi medis.
  9. Pemeriksaan kehamilan, gangguan kehamilan, tindakan persalinan, masa nifas pada anak ketiga hidup dan seterusnya.
  10. Usaha meratakan gigi (Orthodontie), membersihkan karang gigi (scalling gigi) dan pelayanan kesehatan gigi untuk kosmetik.
  11. Gangguan kesehatan/penyakit akibat  ketergantungan obat, alkohol dan atau zat adiktif lainnya.
  12. Gangguan kesehatan/penyakit akibat usaha bunuh diri atau dengan sengaja menyakiti diri sendiri.
  13. Kursi roda, tongkat penyangga dan elastic bandage.
  14. General Check Up atas keinginan sendiri 
  15. Kosmetik, toilettries, makanan bayi, obat gosok, vitamin, suplemen, susu.
  16. Lain-lain:
    1. Biaya perjalanan/transportasi
    2. Biaya sewa ambulans
    3. Biaya pengurusan jenazah
    4. Biaya fotokopi
    5. Biaya telekomunikasi
    6. Biaya kartu berobat
    7. Biaya administrasi

PERMINTAAN INFORMASI DAN PENYAMPAIAN KELUHAN
Hubungi :
  • Kantor PT Askes (Persero) setempat sesuai daftar alamat yang tercantum dalam buku pedoman ini.
  • Petugas Askes Center di Rumah Sakit yang bekerjasama dengan PT Askes (Persero)
  • Telepon bebas pulsa (Toll Free) dengan nomor 0800-11-27537 / 0800-11-ASKES
  • Hallo Askes 500 400 : Senin s/d Jumat (Pukul 08.00 s/d 17.00)
  • Hotline service sesuai nomor yang tercantum dalam buku pedoman ini.

Petunjuk Layanan bagi Peserta Askes Sosial
coverPetunjukAssos1
   Download